Warga Pematang Sawa Kembangkan Pembudidayaan Rumput Laut

0
74

Infolampungnews.com, Pematang Sawa – Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafi’i, mengunjungi pembudidaya rumput laut, yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekar Jaya, di Pekon Waynipah, Kecamatan Pematangsawa, Kamis (4/2/2021).

Turut mendampingi, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kepala Dinas Perikanan Edy Narimo, Kabag Ekobang Firmalinda, dan Camat Pematangsawa Agus Somad.

Ditempat itu, Wabup melihat secara langsung budidaya rumput yang ada dan berdialog dengan para petani setempat.

Wabup menyampaikan apresiasinya, atas budidaya rumput laut yang dijalankan.

“Usaha dan upaya serta kreativitas masyarakat yang membudidayakan rumput laut patut diapresiasi. Karena melalui usaha ini merupakan salah satu usaha sampingan yang dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat setempat. Sebagai salah satu usaha dalam memanfaatkan potensi yang ada di Kabupaten Tanggamus.”

“Jadi tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan melaut saja, tetapi dengan adanya budidaya rumput laut ini bisa menjadikan masyarakat lebih giat lagi untuk bekerja dan mencari tambahan ekonominya,” kata Wabup.

Wabup juga berharap kedepannya budidaya rumput laut tersebut dapat dikembangkan, guna meningkatkan penghasilan masyarakat Tanggamus.

“Pemkab Tanggamus akan selalu mendukung serta mensupportnya,” tegas Wabup.

Lebih lanjut Wabup berpesan agar masyarakat dapat menjaga ekosistem laut, agat dapat lestari.

Sementara Camat Pematangsawa Agus Somad menerangkan, bahwa saat ini baru ada 2 kelompok nelayan rumput laut. Hal itu dikarenakan keterbatasan modal serta pemasaran. Dirinya berharap kedepan sektor tersebut mendapatkan perhatian lebih dan bantuan dari dinas terkait.

“Kendala yang dialami petani rumput laut, terutama dalam permodalan dan cara pemasaran hasil panen. Dua tahun lalu kami sudah membudidayakan rumput laut ini, akan tetap terkendala soal pemasaran dan pengolahan hasil panen. Dengan adanya perhatian dari pemerintah, kedepan diharapkan budidaya rumput laut ini dapat lebih diperhatikan lagi,” tandasnya.

Usai mengunjungi pembudidaya rumput laut, Wabup menyempatkan diri meninjau SMP Negeri 1 Waynipah, Pematangsawa, yang sedang terdapat pembangunan fisik.

Ditempat ini, Wabup berpesan kepada pelaksana, agar melaksanakan pembangunan dengan baik dan sesuai bestek. Agar pembangunan yang dihasilnya berkualitas baik dan dapat dimanfaatkan lebih lama. (Kominfo/ andi jaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here