Usulkan Jadi Pahlawan Nasional,  Bupati Lamtim Tandatangani MoU dengan UIN Raden Intan

0
133

 

BANDAR LAMPUNG – Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo tandatangani Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan UIN Raden Intan terkait pengusulan Pahlawan Nasional KH Ahmad Hanafiah.

Penandatangan tersebut bertempat di Aula Rektor UIN Raden Intan Lampung, Sukarame, Bandar Lampung.Kamis, (31/03/2022).

Hadir mendampingi Bupati, Staf Ahli Bidang Ekobang, Asisten I, Ka BPKAD, Kadis Kominfo, Kadis Sosial.

Sejarah panjang pahlawan Nasional yang berasal dari Provinsi Lampung belum terdengar semenjak Pahlawan Nasional Raden Intan II. Lampung Timur memiliki sosok pejuang yang akan kita perjuangkan bersama yang bernama KH. Ahmad Hanafiah.

  1. Ahmad Hanafiah yang lahir di Sukadana Tahun 1905 merupakan Putra Daerah Lampung Timur adalah pejuang yang gugur sebagai putra Bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1947 – 1949 melawan agresi Belanda di perbatasan Lampung – Palembang.

Selain sebagai pejuang fisik, KH. Ahmad Hanafiah juga merupakan tokoh intelektual dengan dua (2) karya orisinil yaitu al-Hujjah dan Tafsif ad-Dhor sebagai bukti Lampung memiliki kontribusi dalam pembentukan locus peradaban Islam nusantara. KH. Ahmad Hanafiah sangat pantas dianugerahi gelar Pahlawan Nasional karena beliau telah gugur sebagai syahid di medan pertempuran dalam rangka membela dan mempertahankan bangsa dan Negara juga terbukti sebagai salah satu tokoh inteklektual Islam yang aktif dan bertpengaruh dalam upaya mengangkat martabat bangsa melalui dunia pendidikan dan dakwah Islam.

Semangat  yang  ditunjukkan  KH. Ahmad Hanafiah sebagai  pejuang hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari  seluruh warga masyarakat Kabupaten Lampung Timur secara khusus dan juga Warga  Negara  Indonesia secara umum. Kehadiran kita disini didalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan UIN Raden Intan Lampung Tahun 2022 adalah sebagai langkah awal perjuangan dan dukungan Pemerintah serta masyarakat Lampung Timur agar KH. Ahmad Hanafiah dapat menjadi Pahlawan Nasional.

UIN Raden Intan dipilih untuk bekerjasama oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur bukan tanpa  alasan,  bahwa kajian ilmiah dan biografi tentang KH Ahmad Hanafiah yang berjudul Biografi Intelektual dan Heroisme Kyai Haji Ahmad Hanafiah (Pemimpin Perang, Ulama, Pemikir dan Pahlawan, 2018) lahir ditangan Prof. Dr. H. A. Fauzie Nurdin, MS. dan Prof. Wan JamaluddinZ, M.Ag., Ph.D. dari UIN Raden Intan Lampung. Diharapkan melalui kajian dan biografi yang telah diteliti dan ditulis oleh UIN Raden Intan Lampung dapat memenuhi syarat-syarat KH. Ahmad Hanafiah untuk diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. (safarudin/Kominfo)

Previous articleSujadi Tandatangani Serah Terima Rumah Susun dari Kementerian PUPR
Next articleBupati Lamtim  Hadiri Pelantikan  KADINDA Periode 2022-2026

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here