Monday, July 15, 2024
HomeDAERAHTerkait Adanya Pemotongan DD/ADD di Jatiagung, Berikut Penjelasan Kabid PEMPKD

Terkait Adanya Pemotongan DD/ADD di Jatiagung, Berikut Penjelasan Kabid PEMPKD

M. Iqbal Fuad, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengelolaan Keuangan Desa Lamsel/foto istimewa beritakita/net

KALIANDA – Dana Desa adalah dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) dan tercatatkan di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan diprioritaskan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, dengan tujuan untuk: meningkatkan pelayanan publik di desa, dan mengentaskan kemiskinan.

Seperti yang diterbitkan pemerintah melalui PMK No. 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa untuk memenuhi amanat Pasal 14 ayat (7) UU No. 28 Tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023. Peraturan ini mengatur penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban, pelaporan, pemantauan dan evaluasi terhadap Dana Desa.

Terkait dengan adanya informasi pemotongan biaya yang bersumber dari DD/ADD di beberapa desa di kecamatan Jatiagung, Wartawan media ini langsung menelusuri ke beberapa sumber informasi.

Menurut M. Iqbal Fuad, Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pengelolaan Keuangan Desa mengatakan, bahwa biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah desa yang bersumber dari DD/ADD tersebut sudah sesuai dengan juknisnya dan telah masuk dalam anggaran desa tahun 2023.

“Itu sudah tertuang di dalam perencanaan yang dianggarkan desa melalui APBDes.” Ujar Iqbal saat di konfirmasi

Kami meluruskan, lanjut Iqbal, bahwa potongan itu bukan pungli, dan itu ada laporan pertanggungjawabannya.” Tegas Iqbal.

Sementara menurut Sugiri Kaur Keuangan desa Marga Kaya kecamatan Jati Agung, kabupaten Lampung Selatan, menegaskan, potongan itu bukan pungli. Bahwa itu telah tertuang dalam APBDes yang di sahkan, dan sudah sesuai dengan peraturan Bupati,” ucap Sugiri. (*RL)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :