Monday, July 15, 2024
HomeDAERAHSatlantas Polres Edukasi Pengguna Jalan

Satlantas Polres Edukasi Pengguna Jalan

PRINGSEWU – Hari ketiga Operasi Keselamatan Lalu Lintas Krakatau Tahun 2023, Satgas Preemtif dan preventif melakukan edukasi tertib berlalu lintas pada pengendara maupun pengguna jalan yang melintas di sejumlah ruas jalan Protokol Kabupaten Pringsewu. Kamis, (9/2/2023).

Dari pantauan media tampak sejumlah polisi lalu lintas dengan didampingi anggota Provost secara humanis memberhentikan sejumlah pengendara yang melintas di ruas jalan lintas barat sumatera, simpang empat pasar induk Pringsewu karena melanggar lalu lintas kasat mata seperti tidak menggunakan helm, tidak memakai sabuk pengaman, muatan berlebih dan juga tidak memakai TNKB tidak sesuai spek.

Bagi pengguna jalan yang melakukan pelanggaran ringan, petugas kepolisian hanya memberikan teguran lisan dan diberi edukasi untuk tertib berlalu lintas, namun bagi pelanggar yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan diberikan penindakan secara teguran tertulis.

Kasatlantas Polres Pringsewu mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mendukung gelaran Operasi Keselamatan Krakatau 2023 yang digelar mulai 7-20 Februari mendatang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya,” jelas Kasatlantas AKP Khoirul Bahri saat di konfirmasi awak media pada Kamis (9/2/2023) siang.

Ia menjelaskan Operasi Keselamatan adalah upaya Polri mengedukasi masyarakat guna meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta tingkat fatalitas korban laka lantas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023

“Sehingga nanti pada agenda nasional lebaran tercipta kamseltibcarlantas yang kondusif,” terangnya.

Untuk mewujudkan kamseltibcarlantas yang lebih baik, Ia mengimbau masyarakat saat berkendara untuk tertib berlalu lintas.

“Kembali kami ingatkan kepada para pengguna jalan untuk patuhi dan tertib berlalu lintas, seperti memakai helm bagi pengendara sepeda motor, gunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat,” tandasnya.

Disamping itu, ia juga mengingatkan pengendara untuk selalu membawa kelengkapan diri maupun surat-surat kendaraan.

“Jadilah pelopor tertib berlalu lintas, karena keselamatan berlalu lintas yang pertama dan utama,” imbuhnya.

Kasat lantas menambahkan, kegiatan operasi keselamatan dilaksanakan setiap hari dan berlangsung di lokasi yang berbeda-beda.

“Seperti hari ini, selain di simpang empat pasar induk Pringsewu juga kita lakukan di simpang tugu gajah dan simpang empat pasar pagelaran.” Tandasnya. (*Ari)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :