Wednesday, April 17, 2024
HomeDAERAHLAMPUNG SELATANRSUD Bob Bazar Kalianda Siapkan Ruang Isolasi Penanganan Virus Corona

RSUD Bob Bazar Kalianda Siapkan Ruang Isolasi Penanganan Virus Corona

INFOLAMPUNGNEWS.COM, KALIANDA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda,  mempersiapkan ruangan khusus (isolasi). Hal itu dilakukan untuk penanganan dan pelayanan pasien yang dicurigai/diduga terjangkit virus corona.

Penunjukan RSUD Bob Bazar Kalianda sebagai rujukan untuk penanganan pasien yang diduga atau dicurigai terjangkit virus corona, merupakan satu dari tiga rumah sakit daerah di Provinsi Lampung.

Direktur RSUD Bob Bazar Kalianda, Dr. Media Apriliana mengatakan, RSUD Bob Bazar Kalianda sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan awal pasien terduka terjangkit virus corona.

“Ruangan isolasi digunakan untuk penanganan awal. Untuk rujukan utamanya tetap ke RSUD Abdul Moeloek, Bandar Lampung,” kata Media Apriliana,  Rabu (29/1).

Dokter Nana panggilan Media Apriliana menambahkan, ruangan isolasi memiliki dua tempat tidur, satu ruangan untuk barrier dan satu untuk perawatan pasien. Selain itu,  akan disiapkan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang melakukan perwatan.

 “Ada beberapa persyaratan untuk ruang isolasi ini. Seperti harus bertekanan negatif, agar virus tidak menyebar. Dalam waktu dekat, ruang isolasi ini sudah akan siap,” ujar dirinya.

Sedangkan untuk tim medis yang menangani, kata Media Apriliana, akan ada tim khusus. Saat ini RSUD Bob Bazar memiliki dua dokter paru. Untuk tim perawat juga akan disiapkan khusus.

RSUD Bob Bazar, akan melakukan observasi awal terhadap pasien terduga terjangkit virus corona. Seperti melakukan pengecekan dahak pada laboratorium serta riwayat pasien.  Media Apriliana mengatakan, virus corona 2019-nCov memiliki masa inkubasi 14 hari.

“Jika dari hasil laboratorium atas dahak pasien mencurigakan. Serta juga ada riwayat pasien pernah ke luar negeri, khususnya ke Cina dalam 14 hari terakhir. Kita akan lakukan rujukan ke RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung,” kata dia.

Dr. Media Apriliana menambahkan, hal yang penting untuk dipahami masyarakat terkait dengan munculnya virus corona saat ini. Perlu upayan prepentif sejak dini oleh masyarakat dengan meningkatkan pola hidup sehat.

Masyarakat diharapkan menjaga kondisi kebersihan lingkungan. Masyarakat juga harus menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi, serta pemenuhan gizi yang baik guna meningkatkan daya tahan tubuh.

“Virus akan dengan mudah menyerang, ketika tubuh kita lemah. Karena itu menjaga kondisi tubuh, memperhatikan kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi serta kondisi lingkungan sangat penting,” kata Media Apriliana. (AP/ZAL)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :