Polri dan TNI Siap Bersinergi Dalam Penanganan Bencana

0
22
Advertisement

PRINGSEWU – Polres Pringsewu siap bersinergi dengan TNI, pemerintah dan instansi lainya dalam penanganan bencana di kabupaten Pringsewu.

Hal tersebut dijelaskan Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.I.K saat menghadiri apel bersama kesiapsiagaan bencana bersama jajaran forkopimda di lapangan apel pemerintah kabupaten Pringsewu. Jumat (17/12/21) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres menyampaikan jajaran Kepolisian dan TNI siap sedia menyiapkan dukungan personil, memberikan imbauan, penyuluhan dan melakukan pendampingan terhadap korban apabila terjadi bencana.

“Dukungan yang kami berikan bisa di satu padukan bersama untuk menanggulangi bencana di kabupaten Pringsewu” terangnya

Sehubungan di kabupaten Pringsewu memiliki kerawanan banjir, kebakaran dan angin puting beliung, Kapolres mengimbau agar masyarakat selalu waspada, menghindari membuka lahan secara membakar dan menghindari lokasi lokasi aliran air saat terjadinya banjir.

“Ini bisa menjadi perhatian kita bersama supaya terhindar dari bencana” ungkapnya

Sementara itu asisten 1 Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Malian Ayub SE, MM menyampaikan, apel bersama digelar dalam rangka kesiapan Siagaan menghadapi datangnya bencana pada saat datangnya musim penghujan.

Beberapa kerawanan yang terjadi antara lain adanya bencana banjir diwilayah Kecamatan Pardasuka dan bencana angin puting beliung di wilayah kecamatan Adiluwih.

Menurut Malian Ayub, dalam mengantisipasi kerawanan bencana tersebut pemerintah daerah telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait.

Selain itu juga telah melaksanakan pelatihan penanganan Bencana ditingkat Pekon.

“Harapannya pemerintah dan masyarakat telah siap dan bisa bersama sama mengantisipasi datangnya bencana” jelasnya

Dilokasi yang sama Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas menjelaskan dalam menghadapai datangnya bencana pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana baik personil maupun peralatan dan juga relawan di setiap daerah.

“Segala sesuatunya sudah kita persiapkan, namun harapnya bencana itu tidak terjadi dan kalaupun terjadi jangan sampai terjadi korban jiwa”ungkap Edi.

Untuk diketahui dalam rangka mengantisipasi datangnya bencana khususnya saat datang musim penghujan, pemerintah daerah kabupaten Pringsewu menggelar apel siaga bencana di lapangan pemkab setempat.

Apel di pimpin bupati Pringsewu yang diwakili Asisten bidang pemerintahan dan kesra Malian Ayub, SE. MM dan dihadiri Jajaran forkopimda antara lain Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, SIK, MIK, Dandim 0424 Tanggamus yang diwakili Pabung Mayor Eva Yuniar Kamal, para asisten, Ketua OPD dan instansi terkait lainya.

Dalam kesempatan tersebut jajaran forkopimda juga melakukan pemeriksaan sarana prasaran yang disiapkan dalam menghadapi datangnya bencana. (*Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here