Tuesday, July 23, 2024
HomeDAERAHPengguna Perangkat Digital Harus Cerdik, Cakap dan Bijak

Pengguna Perangkat Digital Harus Cerdik, Cakap dan Bijak

PRINGSEWU – Transformasi digital saat ini terus berkembang pesat, hal ini dapat dilihat dari semakin terbiasanya masyarakat dengan segala hal yang bersifat digital, mulai dari sektor ekonomi, komunikasi bahkan dunia pendidikan yang membawa dampak positif maupun negatif. Oleh karena itu, orang yang menggunakan perangkat digital maupun layanan digital haruslah cerdik, cakap dan bijak.

Demikian dikatakan Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat membuka Seminar Nasional Literasi Digital Sektor Pendidikan di Universitas Aisyah Pringsewu, Senin (16/1/2024).

“Inilah pentingnya literasi digital bagi setiap orang yang bersentuhan langsung dengan dunia digital, agar pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital dapat memberikan dampak yang positif bagi diri dan lingkungannya,” katanya.

Literasi digital, ujar Pj.Bupati Pringsewu, akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif. Sehingga tidak akan mudah tertipu dengan segala hal yang berbasis digital seperti menjadi korban informasi hoax dan lain sebagainya.

“Dengan adanya pemahaman dan penerapan literasi digital akan membuat generasi muda dapat berpartisipasi secara positif di era dunia digital seperti sekarang ini,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Adi Erlansyah, salah satu dampak positif dari literasi digital dalam dunia pendidikan yaitu dapat membantu proses pembelajaran, baik bagi tenaga pengajar maupun peserta didik. Bagi tenaga pengajar, literasi digital dapat berfungsi sebagai bekal untuk dapat membedakan sumber-sumber materi belajar yang benar, signifikan dan dapat memberikan manfaat dalam proses pembelajaran.

Literasi digital menurutnya juga dapat membuka peluang bagi guru dan dosen agar lebih produktif dalam menciptakan media ajar digital. Serta mempermudah para peserta didik untuk mencari data dan informasi dari berbagai media sebagai bahan pembelajaran.

“Perolehan akses informasi yang lebih luas dapat memberikan kesempatan dan peluang yang lebih besar, menyeluruh, efisien dan akurat,” tandasnya.

Acara yang dihadiri Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo RI Slamet Santoso dan Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto beserta civitas akademika tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Kominfo RI dan Universitas Aisyah Pringsewu diikuti para pendidik serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Pringsewu. (*Ari)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :