Pemkab Modifikasi Mobil Dump Truck Hasil Sitaan KPK

0
74
Advertisement

KALIANDA – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan Maturidi mengakui bahwa pihaknya kekurangan armada untuk mengantisipasi seluruh wilayah di Kabupaten Lampung Selatan.

Maturidi menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memiliki 6 armada untuk mengantisipasi wilayah Kabupaten Lampung Selatan yang terdiri dari 17 kecamatan.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan gebrakan dengan memodifikasi 4 unit dump truck hasil sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah di hibahkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan menjadi mobil pemadam kebakaran.

“Karena melihat luas wilayah kita kekurangan armada. Maka 4 unit dump truck sitaan dari KPK yang diserahkan bupati kepada Dinas Pemadam Kebakaran lalu dialihfungsikan menjadi kendaraan pemadam kebakaran. Jadi total kita ada 10 armada,” kata Maturidi disela pengecekan armada, di halaman kantor bupati setempat, Kamis (23/12/2021).

Maturidi menambahkan, armada yang dimodifikasi itu terdiri dari 3 mobil water suplay dengan kapasitas 4.000 liter serta 1 mobil rescue yang mampu membawa 20 pasukan.

Menurutnya, keempat unit tambahan mobil pemadam kebakaran tersebut untuk membantu mengamankan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kebakaran.

“Namun tidak hanya kebakaran, tapi semua bencana bisa kita upayakan dan kita kerjakan akan kita kerjakan,” kata Maturidi.

Sementara, pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan pengecekan langsung armada pemadam kebakaran yang telah dimodifikasi. Bahkan bupati Nanang Ermanto mengecek satu persatu semua fungsi yang ada pada armada tersebut.

“Jadi mobil ini sudah diperbaharui sedemikian rupa. Maka tugas kalian (petugas damkar) menjaga serta dirawat sebaik mungkin dan jangan asal-asalan menggunakannya,” tegasnya.

Bupati Nanang juga mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan merupakan wilayah rawan bencana. Untuk itu kata Nanang, sebagai pelayan masyarakat harus selalu siap siaga apabila terjadi bencana, mengingat Lampung Selatan memiliki 17 kecamatan.

“Saya sadar petugas damkar masih kekurangan personil, saya akan berkoordinasi dengan kepala dinasnya untuk membahas berapa personil lagi yang dibutuhkan. Mengingat kita baru saja menerima tenaga Sat Pol PP,” kata Nanang.

Selanjutnya Nanang juga berharap, Kabupaten Lampung Selatan dijauhkan dari masalah serta bencana yang dapat merugikan masyarakat. “Namun kita harus tetap waspada,” tandasya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here