Tuesday, July 23, 2024
HomeNASIONALKapan Pendaftaran Poltekim dan Poltekip 2024 Dibuka? Cek Infonya di Sini

Kapan Pendaftaran Poltekim dan Poltekip 2024 Dibuka? Cek Infonya di Sini

JAKARTA – Sekolah kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia RI (Kemenkum HAM), Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) akan membuka seleksi bagi calon taruna dan taruni tahun 2024 dalam beberapa minggu lagi.

Dilansir dari laman detik.com, Jum’at (8/3/2024). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) membocorkan informasi terkait pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 yang akan dibuka pada bulan Maret. Sedangkan rangkaian seleksi rencananya akan digelar pada April-Mei 2024.

Tidak hanya Poltekim dan Poltekip milik Kemenkum HAM yang akan dibuka. Berbagai sekolah kedinasan lain di bawah tujuh instansi pemerintahan juga akan menggelar seleksi secara serentak seperti Kementerian Keuangan.

Bahkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara, Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Pusat Statistik, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Meski pendaftarannya belum dibuka, calon taruna/taruni Poltekim dan Poltekip sudah bisa mulai mempersiapkan diri. Caranya dengan memperhatikan persyaratan pendaftaran di seleksi tahun sebelumnya.

Untuk itu, berikut informasi terkait pendaftaran Poltekim dan Poltekip dikutip dari Pengumuman Catar Tahun 2023 Kemenkum HAM, Jum’at (23/2/2024).

Adapun Syarat Pendaftaran Poltekim dan Poltekip Kemenkum HAM sebagai berikut:

– Warga Negara Republik Indonesia (laki-laki/perempuan)
– Pendidikan SLTA/sederajat.
– Usia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun 0 bulan 0 hari pada awal pendaftaran
– Tinggi badan laki-laki minimal 170 cm dan perempuan minimal 160 cm dengan berat badan seimbang.
– Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak buta warna, dan tidak pernah mengalami patah tulang.
– Bagi laki-laki tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik/bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya.
– Bagi perempuan tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang.
– Belum pernah menikah baik secara negara, adat, maupun negara yang dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah/kepala desa setempat dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
– Bagi perempuan belum pernah melahirkan dan bagi laki-laki belum pernah memiliki anak biologis.
– Bersedia ditempatkan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi dan Pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia.
– Tidak sedang menjalani ikatan dinas.pekerjaan dengan instansi/perusahaan lain.

Daftar Program Studi Poltekim dan Poltekip Kemenkum HAM:

1. Poltekim
Poltekim merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV (D4) di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 tahun. Berbagai program studi yang tersedia yaitu:

D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian
D4 Administrasi Keimigrasian
D4 Hukum Keimigrasian

2. Poltekip
Poltekip merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV (D4) di bidang teknis pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 tahun. Program studi yang tersedia di Poltekip yaitu:

D4 Manajemen Pemasyarakatan
D4 Teknik Pemasyarakatan
D4 Bimbingan Kemasyarakatan
Itulah informasi terbaru terkait pendaftaran Poltekim dan Poltekip 2024. Untuk informasi lebih lengkap terkait syarat pendafataran tahun sebelumnya, kamu bisa lihat di sini.

(sumber detik.com)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :