Tuesday, July 23, 2024
HomeDAERAHJadi Budaya Kearifan Lokal, Ruatan Laut menjadi Hiburan Masyarakat

Jadi Budaya Kearifan Lokal, Ruatan Laut menjadi Hiburan Masyarakat

KETAPANG – Ruatan Laut atau yang biasa kita kebal dengan  syukuran laut adalah merupakan budaya/kearifan lokal nelayan desa Ketapang, kecamatan Ketapang kabupaten  Lampung Selatan disambut antusias nelayan desa Ketapang. Minggu, (20/8/2023)

Dalam acara yang sudah berlangsung sejak tanggal 14 Agustus ini.

Menurut ketua panitia Sukandi Nata, pihaknya telah menyiapkan berbagai acara menarik seperti dimeriahkan dengan pasar malam, senam, jaipong/wayang kulit, dan ditutup dengan iring-iringan kapal laut oleh nelayan yang membawa kepala kerbau sebagai puncak dari acara ruatan laut/syukuran laut.

“Ya, kami dari awal sudah bergotong royong bersih-bersih, menyiapkan segala hal untuk acara kali ini dan hari ini acara puncak iring-iringan kepala kerbau yang dibawa oleh kapal laut,” ucapnya.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya sehingga kami masyarakat nelayan desa Ketapang sampai saat ini masih diberikan banyak rezeki khususnya dari hasil laut,” tegasnya.

“Mudah mudahan pada acara Ruatan Laut kali ini kami masyarakat nelayan diberikan kesehatan dan keselamatan khususnya saat bekerja dilaut, dan acara seperti ini agar tetap dilaksanakan setiap tahunnya dan mendapat dukungan dari semua pihak, baik pengusaha maupun pemerintah setempat,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Lamsel, DPRD Kab, Camat Ketapang, Kepala Desa se Kecamatan Ketapang, dan aparatur desa Ketapang. (Misbak)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :