Monday, July 15, 2024
HomeDAERAHLAMPUNG SELATANArisan Qur’ban, Warga Wai Lubuk Potong Enam Sapi

Arisan Qur’ban, Warga Wai Lubuk Potong Enam Sapi

INFOLAMPUNGMEWS.COM, KALIANDA – Sudah menjadi tradisi tahunan setiap Hari Raya Idul Adha bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid Jami’ Baitunnur Kelurahan Wai Lubuk, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan. Dengan cara arisan mereka membeli hewan sapi yang diperuntukkan sebagai hewan qur’ban dan disembelih selesai menggelar sholat Idul Adha.

Ketua Panitia penyembelihan hewan qur’ban Masjid Jami’ Baitunnur, H.M. Wahyudi, S.Ag mengakui masyarakat sudah lama membentuk arisan qur’ban dan setiap tahunnya selalu rutin. Hal tersebut didasari oleh kemampuan warga yang ingin berqurban, namun tidak terlalu memberatkan.

“Kalau harus membeli sapi sendiri untuk qur’ban rasanya sangat berat bagi warga, namun ada jalan keluarnya yakni dibentuk kelompok arisan. Akhirnya mereka mau dan sampai sekarang ini terus berjalan dan Alhamdulillah lebih dari lima ekor sapi setiap tahunnya,” ujar Wahyudi, Minggu (11/08/19).

Wahyudi menambahkan, untuk tahun ini ada enam ekor sapid an enam ekor kambing yang disembelih oleh panitia. “Daging tersebut kita bagikan kepada 500 warga yang ada disekitar Masjid dan juga diluar lingkungan. Mudah-mudahan saudara-saudara kita sama-sama menikmati daging di Hari Raya Qur’ban ini,” imbuhnya.

Lurah Wai Lubuk, S. Bono, SE mengaku sangat bangga dengan warganya yang membentuk arisan qur’ban. Ia berharap arisan tersebut terus berjalan dan menjadikan masyarakatnya rukun dan guyub. “Saya sangat berterimakasih dengan warga atas pelaksanaan ibadah qurban ini dan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak,” kata Bono. (AP)

مقالات ذات صلة

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Baca Lainnya :